Setiap usaha atau bisnis tidak lepas dari resiko. Namun, bukan berarti juga kita harus takut untuk berbisnis. Tuhan Yang Maha Esa melengkapi kita dengan akal pikiran yang bisa mengatasi segala kendala – kendala yang akan menghampiri kita.

Termasuk kendala – kendala dalam menjalankan bisnis online. Kendala – kendala tersebut bukan untuk ditakuti atau berusaha dihindari, justru kendala tersebut harus dihadapi dan dijalani dengan menggunakan pemikiran yang logis dan rasional.

Dengan akan pikiran yang di anugerahkan Tuhan kepada kita, sudah sepantasnya kita berani menghadapi kendala tersebut dengan ringan.

Beberapa kendala yang rentan dialami oleh para pelaku bisnis online saat ini diantaranya sebagai berikut :

  1. Penipuan di dunia maya sangat potensial. Dengan demikian kita akan cukup kesulitan menanamkan kepercayaan konsumen terhadap usaha online kita. Penipuan yang sering terjadi diantaranya uang sudah dikirim namun barang yang kita beli tidak dikirimkan atau produk terkirim namun kualitas atau kuantitasnya tidak sesuai dengan gambar yang ditampilkan di web.
  2. Persaingan bisnis online yang sangat tinggi. Kemajuan teknologi, mendukung sebagian besar orang memasarkan produknya melalui internet. Jadi bisa dipastikan persaingannya sangat ketat, lihat saja peluang bisnis toko online atau reseller produk, yang sudah dijalankan ribuan orang di berbagai negara.
  3. Koneksi internet. Bagi pelaku bisnis online, koneksi internet menjadi bagian paling penting dan sangat vital. Bisa dibayangkan, jika koneksi internet terjadi gangguan maka bisnis online akan terganggu atau mungkin bahkan sampai terhenti.
  4. Terbatasnya pengetahuan tentang bisnis online. Banyak orang yg ikut-ikutan menjalankan bisnis online, namun dia tidak mengetahui apa saja yg harus dilakukan untuk menunjang ke suksesan bisnisnya. Sehingga bisnis online yg dijalankan, hasilnya juga tidak optimal.

Itulah beberapa kendala yang sering para pelaku bisnis online alami. Kendala – kendala tersebut juga masih sering kita jumpai dalam bisnis offline.

Di dunia nyata saja yang notabene transaksi terjadi secara nyata, kendala – kendala tersebut sering terjadi. Apalagi di dunia maya yang mana proses transaksi terjadi secara tidak nyata.