gadget
gadget

Ruang kelas penuh dengan gadget pendukung belajar mejadi sebuah inovasi baru yang akan menyenangkan. Biasanya siswa akan memandang papan tulis putih dengan spidol atau buku catatan yang membosankan. Kini dengan adanya fasilitas canggih untuk menunjang keberlangsungan proses pembelajaran, hal itu akan sangat minim terjadi.

Bagi seorang anak, proses belajar harus menyenangkan dan dalam kondisi pikiran bahagia. Siapa yang tidak akan antusias coba, jika dalam kelas terdapat benda-benda canggih yang bisa digunakan selama proses belajar. Mereka pastiakan lebih tertarik dan memiliki antusias tinggi. Mereka bisa saja tidak saba untuk segera menuju ke sekolah sewaktu dirumah. Nah, berikut ini beberapa barang-barang canggih yang bisa digunakan dala proses belajar.

1) smartphone – penggunaan smartphone di kelas memang masih agak kontroversial, namun hal itu benar-benar efektif sebagai alat pembelajaran. Ketika siswa dihadapkan dengan smartphone aka nada sisi positif dan negative dan hal itu harus di antisipasi. Terkadang siswa yang tidak taat akan menggunakan smartphone untuk hal lain. Namun jika alat ini digunakan dengan taat oleh siswa maka proses belajar akan sangat maksimal.

2) laptop dan tablet – teknologi yang bergerak dengan cepat kini mulai merambah pada daerah pendidikan. Dengan sistem belajar yang serba digital saat ini, keberadaan gadget di kelas memang dibutuhkan. Apalagi sekarang ini hampir semua dilakukan secara online dan perlahan meninggalkan hal – hal manual.

3) papan tulis interaktif – papan tulis pintar merupakan teknologi yang berbasis teknologi pintar dan sangat populer di kalangan guru serta siswa. Dengan alat ini guru dapat memproyeksikan presentasi papan pintar ini dan siswa dapat menulis, menyentuh serta berinteraksi pada konten tersebut.

4) kamera dokumen – kamera dokumen adalah cara yang menyenangkan bagi para guru untuk menunjukkan kepada siswa cara baru dan menarik untuk melihat objek. Apakah mereka sedang melakukan zooming pada detail objek 3d yang lebih kecil, atau mengamati eksperimen sains, siswa dapat berbagi pandangan yang sama tentang pelajaran tanpa berkumpul di meja guru.

5) mp3 player – entah untuk seorang siswa agar bisa mendengarkan musiknya sendiri saat belajar, atau seorang guru sedang memainkan buku audio untuk murid-muridnya, mp3 player adalah pemandangan yang semakin umum di sekolah. Baik guru dan siswa dapat memanfaatkan sepenuhnya mp3 player dalam aktivitas sekolah mereka.

Sementara model pembelajaran masih melibatkan komunikasi pribadi, keberadaan gadget dapat diperkenalkan dengan berbagai cara untuk meningkatkan pembelajaran siswa dan membuat ceramah lebih interaktif.