Dalam beberapa berita teknologi terbaru kecerdasan Buatan atau kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atau Intelegensi Artifisial (bahasa Inggris: Artificial Intelligence atau hanya disingkat AI) dapat diartikan sebagai kecerdasan entitas yang  ilmiah. Sistem ini umumnya selalu dianggap komputer.  Berita Teknologi ini dapat dimasukkan ke dalam suatu mesin yang bertujuan agar dapat melakukan pekerjaan  yang dapat dilakukan seperti manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games) dll.

Sebagai berita teknologi terbaru Kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) merupakan salah satu berita teknologi terbaru yang diciptakan oleh para ilmuwan. Karena, pada tahun lalu kecerdasan buatan sudah mulai bertindak sebagai komputer otonom yang bisa mengerjakan tugas tertentu yang diberikan oleh manusia. Seperti robot Sophia yang diciptakan oleh Hanson Robotics. Kecerdasan buatan yang diberikan pada robot Shopia ini diakui kecerdasan buatan yang paling  canggih di dunia.

Karena, Sophia dapat berbicara serta menanggapi lawan bicara nya, dan dapat mengeluarkan bermacam ekspresi yang dpat ditampilkan. Sophia pun diberi kehormatan sebagai Robot pertama yang diberi kewarganegaraan oleh Pemerintah Arab Saudi. Selain Sophia, banyak juga kecerdasan buatan lain telah diciptakan oleh tangan sejumlah ahli. Antara lain kecerdasan buatan yang dapat menulis kisah romansa, hingga kecerdasan buatan yang diciptakan untuk melakukan analisisa terhadap data rumit untuk menggantikan pekerjaan manusia.

Sebagai  berita teknologi terbaru kecerdasan buatan juga harus diimbangi dengan sistem keamanan cerdas juga. Karena kalau tidak, nama saja itu namanya dengan bunuh diri. Teknologi continous adaptive risk and trust assasment (CARTA) bisa jadi salah satu alternatif. Tingkat keamanan kecerdasan buatan ini pun bahkan bisa memantau ataupun menganalisisa tingkat keamanan dalam waktu  persekian detik sebelum adanya serangan terjadi.

Dengan adanya teknologi terbaru seperti yang ada di atas akan banyak memudahkan manusia dalam dalam mengerjakan suatu aktifitas. Namun, juga selain ada keuntungan yang ditawarkan, dibalik itu semua juga ada dampak negatifnya seperti sempit nya lapangan pekerjaan dikarenakan tenaga kerja manusia yang di gantikan oleh tenaga kerja robot yang memiliki kecerdasan buatan.