Beberapa waktu yang lalu, di Spanyol tepatnya Madrid, Xiaomi telah memperkenalkan smartphone terobosan terbaru andalannya untuk lini Android One, yakni Xiaomi Mi A2. Beberapa media dari Tanah Air sempat meliput langsung acara yang digelar oleh salah satu pabrikan smartphone terbesar di Asia tersebut dan berkesempatan langsung merasakan seperti apa kemampuan dari smartphone terbaru Xiaomi ini.

Kesempatan itu tidak disia – sia kan oleh para peliput dari Tanah Air, dan mendapatkan bahan yang dapat disusun menjadi sebuah review tentang keandalan dari smartphone tersebut sehingga dapat dijadikan sebagai referensi pilihan gadget oleh masyarakat di Tanah Air.

Xiaomi Mi A2
Xiaomi Mi A2

Sesaat setelah acara peluncuran Mi A2 tersebut berlangsung, beberapa tim peliput dari berbagai media dapat mencoba kemasan paket penjualannya yang saat ini sudah mulai dipasarkan di Tanah Air. Di dalam paket penjualan smartphone yang ditawarkan oleh Xiaomi ini cukup mirip dibandingkan dengan yang digunakan oleh Mi A1, boksnya memiliki warna dasar putih dan gambar unit smartphone terletak pada bagian depan.

Pada kemasan paket penjualan tersebut, selain unit Xiaomi Mi A2, terdapat juga beberapa barang atau aksesoris lain yang dapat digunakan seperti, Softcase, Konverter USB Type C to Audio 3.5 mm, Tray Ejector, Adaptor 5V 2A, Kabel USB to USB Type C dan beberapa Paket Dokumen Pendukung lainnya. Xiaomi memang tidak menyertakan headset untu penawaran produknya yang satu ini, akan tetapi mereka masih menyertakan sebuah kabel konverter USB Type C ke Audio 3.5 mm yang selalu dibutuhkan pengguna.

Mi A2 ini hadir dengan desain yang mampu menunjukkan jati dirinya sebagai produk smartphone khas dari Xiaomi. Desain yang ditawarkannya terlihat sama dengan beberapa produk Xiaomi lainnya, seperti Redmi S2. Akan tetapi, dengan desain “arc” yang diusung oleh produk ini, maka Mi A2 hadir dengan bodi yang lebih ramping, terutama pada bagian samping. Dimensi dari produk smartphone ini secara keseluruhan ialah 158.7 x 75.4 x 7.3 mm.

Selain itu, produk yang satu ini mengusung layar IPS 5.99″ dengan rasio 18:9, memmiliki resolusi 2160 x 1080 piksel, dan telah dilengkapi dengan Gorilla Glass 5. Smartphone ini tidak hadir dengan notch, akan tetapi bezel atas layar masih tampak tebal. Rasio layar yang ditawarkannya yaitu 18:9 sehingga tetap membuatnya terlihat cukup modern.

Untuk produknya yang satu ini, Xiaomi menyertakan port USB Type C, dan diletakkan pada bagian sisi bawah perangkat. Pada bagian sisi kanan, terdapat tiga buah tombol, yakni tombol power serta volume up/down.

Di bagian sisi kiri, terdapat tray untuk SIM Card. Jadi pada intinya smartphone yang satu ini hanya mendukung penggunaan dua Nano SIM saja, tanpa adanya sebuah dukungan untuk Micro SD. Sementara pada bagian sisi atas, telah diterapkan sebuah sensor IR untuk fitur remote. Untuk dapur pacu, smartphone ini telah dibekali dengan

 

Snapdragon 660, SoC kelas menengah-atas yang dapat menawarkan performa khas kelas atas, untuk Xiaomi Mi A2 ini. Penggunaan SoC dengan CPU Kryo 260 serta GPU Adreno 512 ini terbukti mampu membuat Mi A2 jauh lebih baik dari generasi sebelumnya. Untuk RAM dan storage internal, produk ini menawarkan opsi 4 GB/32 GB, 4 GB/64 GB, dan 6 GB/128 GB.

Itulah review tentang produk MI A2 dari Xiaomi yang saat ini sudah ditawarkan juga di Tanah Air. Anda bahkan bisa membelinya melalui Blibli.com dengan penawaran harga yang menarik. Harga yang ditawarkannya pun beragam tergantung dari opsi ram dan storage internal yang ditawarkan.