Masuk angin merupakan salah satu penyakit yang terkadang tidak bisa kita hindari, terkena angin di jalanan seharian atau tidak sengaja kehujanan, sudah pasti Anda akan terserang masuk angin. Apalagi untuk ibu hamil, kesehatan ibu hamil yang terkena penyakit ini pasti merasa tidak nyaman. Karena perut terasa kembung, kepala pusing, dan mual-mual yang tidak bisa dihindari. Walaupun masuk angin masih dikategorikan gangguan kesehatan ringan, namun tetap saja  mengganggu sang ibu dan janinnya.

Apabila dibiarkan saja tanpa adanya upaya pengobatan akan sangat mengganggu kesehatan ibu hamil dan janin. Sedangkan ibu hamil sangat dilarang untuk mengkonsumsi obat sembarangan, dan pengobatan masuk angin pada Ibu sudah pasti berbeda dengan pengobatan masuk angin orang normal pada umumnya. Untuk orang normal atau tidak hamil tidak menjadi masalah untuk mengkonsumsi obat masuk angin apa pun yang cocok dengan tubuhnya. Berbeda hal dengan bagi ibu hamil, mengkonsumsi obat-obatan secara sembarangan sudah pasti sangat tidak disarankan. Hal tersebut karena tidak semua jenis obat baik diminum oleh ibu hamil mengingat ada beberapa obat yang memiliki dosis tinggi sehingga berisiko terhadap janin.

kesehatan ibu hamil

Oleh karena itu, berikut ini ada 4 obat alami yang dapat Ibu konsumsi saat terkena masuk angin dan dalam keadaan hamil. Diantaranya adalah:

  1. Wedang Jahe

Mungkin Ibu akan berpikir ulang untuk mengkonsumsi jahe. Namun Ibu tidak perlu khawatir, karena wedang jahe adalah minuman yang diwariskan turun temurun dari nenek moyang bangsa Indonesia. Ibu dapat mengolahnya dengan dibakar atau direbus. Tidak hanya berguna sebagai obat masuk angin bagi ibu hamil, minuman ini juga efektif dapat meningkatkan stamina. Saat meminum ini, keringat Ibu mungkin akan mengalir deras. Jangan khawatir karena setelahnya badan akan terasa ringan, dan gejala seperti mual, pusing, perut kembung, dan gejala masuk angin lainnya akan segera hilang.

2. Minyak Hangat

Minyak hangat yang dapat Ibu gunakan diantaranya adalah telon, minyak bawang merah, atau minyak nabati lainnya dapat dioleskan ke bagian-bagian tubuh ibu hamil yang merasa tidak nyaman karena masuk angin, misalnya seperti punggung, perut, lengan, kaki, dan bagian lainnya.

3. Teh Hangat

Selain wedang jahe, Ibu juga dapat mengkonsumsi teh manis yang hangat. Karena dipercaya dapat mengurangi masuk angin. Gunakan teh seduh saat mengolahnya, karena teh celup kemasan umumnya memberikan khasiat yang lebih rendah dibandingkan teh seduh. Ibu juga dapat mencampurkan teh dengan bahan-bahan lain seperti daun mint, madu, atau gula jawa.

4. Sup Hangat

Sangat direkomendasikan untuk Ibu hamil mengkonsumsi sup hangat, karena sudah banyak yang merasakan manfaatnya. Ada baiknya bila Ibu ingin membuat sup sebagai obat masuk angin, baiknya menggunakan sayuran seperti brokoli, wortel, dan kubis. Ibu juga dapat mencampurkan bawang putih dan merica ke dalam sup agar tubuh ibu hamil menjadi lebih hangat sehingga masuk angin bisa segera mereda.

Demikianlah obat alami untuk kesehatan ibu hamil yang sedang menurun karena masuk angin, semoga bermanfaat dan menjadi referensi yang tepat untuk Ibu.