Apakah Anda tahu apa itu Digital Marketing? Digital marketing merupakan salah satu model pemasaran yang salurannya menggunakan saluran digital, seperti halnya mesin pencari (search engine), website, media sosial (social media), email, dan juga aplikasi mobile. Mengapa belajar digital marketing itu sangat penting?

Digital marketing itu sangat penting karena orang-orang di zaman sekarang ini tidak hanya bisa mengakses media tradisional, namun juga mengakses media digital. Bahkan, terdapat kecenderungan masyarakat yang terutamanya adalah kalangan muda, lebih suka mengakses media digital ketimbang media-media tradisional.

Hal pertama yang harus Anda pelajari dalam belajar digital marketing adalah membuat konten tulisan. Sebab, keahlian membuat konten tulisan adalah keahlian yang dibutuhkan oleh hampir semua teknik dalam digital marketing.

Image result for Digital Marketing ids

Contoh: SEO (Search Engine Optimization). Untuk mengoptimasi website agar bisa masuk ke halaman satu mesin pencari, maka yang pertama kali kita lakukan adalah optimasi on-page, dan salah satu skill yang sangat dibutuhkan untuk melakukan hal tersebut adalah membuat konten tulisan.

Google Adwords. Metode yang paling cepat untuk membuat website adalah kita berada di posisi puncak SERP (Search Engine Result Page), artinya adalah dengan menggunakan Google Adwords, dan salah satu skill yang sangat penting di dalam Google Adwords adalah kemampuan di dalam menyusun kata-kata dengan karakter terbatas, tapi tetap menarik juga bagi target audiens dan juga relevan dengan landing page yang diiklankan.

1. Facebook Marketing

Untuk menjalankan campaign yang sukses di Facebook, apapun sasarannya, mulai dari meningkatkan engagement, brand awareness, hingga conversion, maka kita harus membuat campaign yang bagus, dan salah satu skill yang sangat dibutuhkan di dalam melakukan hal-hal tersebut adalah membuat konten tulisannya.

2. Email Marketing

Untuk meningkatkan open-rate, salah satu yang harus dilakukan adalah mengoptimasi judul email, dan skill yang dibutuhkan untuk itu adalah copywriting, sedangkan copywriting sendiri adalah bagian dari skill membuat konten tulisan.

3. Social Media Marketing

Untuk meningkatkan engagement di social media, untuk menangani keluhan pengguna produk di social media, dan hal-hal lainnya, maka skill menyusun tulisan mutlak dibutuhkan.

Media untuk belajar digital marketing konten tulisan kami sarankan untuk berlatih membuat konten tulisan adalah blog dengan top level domain (TLD) dan nama domainnya adalah nama Anda sendiri. Alasannya, dengan membuat blog TLD dan domainnya adalah nama Anda sendiri, akan membuat Anda lebih bersemangat (ini asumsi saya pribadi). Di samping itu, blog itu kelak akan menjadi aset Anda dan menjadi portofolio Anda.