KB alami merupakan salah satu cara agar para pasangan suami istri dapat mengatur kehamilan, serta jarak lahir antar anak. KB merupakan program pemerintah dalam pembangunan nasional agar mencapai keseimbangan dengan kemampuan produksi nasional. Tujuannya untuk menekan pertumbuhan penduduk yang terlalu tinggi, membudayakan hidup terencana, serta meningkatkan kesejahteraan keluarga dengan penjarangan kelahiran.

KB juga dapat menurunkan risiko pada kehamilan, menurunkan risiko kanker dan radang panggul pada wanita, serta memaksimalkan pertumbuhan anak. Dengan cara menggunakan berbagai alat kontrasepsi seperti Pil, suntik KB, IUD, dan implan.

Hasil gambar untuk femometer

Namun ada beberapa wanita yang enggan tubuhnya disisipi benda asing, takut pada efek samping, atau memang tidak cocok menggunakan alat kontrasepsi. Maka dipilihlah KB alami yang tetap ampuh mencegah kehamilan. Berikut ini beberapa di antaranya :

1. Metode Kalender

Metode ini sangat simple, pada dasarnya bergantung kepada penghitungan masa subur dengan menggunakan kalender. Hari pertama masa subur perempuan adalah 18 hari sebelum mulai menstruasi, hari terakhirnya yaitu 11 hari sebelum hari terakhir menstruasi. Dengan mengetahui kapan masa subur istri dapat mengatur dan menghindari kehamilan.

2. Metode Mucus

Metode ini dilakukan dengan pemeriksaan mucus atau cairan lengket dan tebal yang disekresikan membran dan kelenjar  mukosa pada vagina. Mucus adalah reaksi dari hormon estrogen menyerupai putih telur mentah yang jumlahnya dipengaruhi oleh ovarium. Jika ditemukan mucus dalam jumlah yang banyak maka sebaiknya menghindari hubungan suami istri tiga hari atau lebih agar menghindari kehamilan.

3. Metode Deteksi Ovulasi

Metode ini menggunakan alat khusus yang dapat di beli di toko farmasi, dengan cara mendeteksi hormon yang memfasilitasi proses ovulasi sehingga para istri dapat menghindari hubungan seksual hingga sel telur dilepaskan.

4. Metode Ejakulasi di luar Vagina

Dengan metode ini dapat mencegah sperma untuk masuk sehingga tidak dapat membuahi sel telur. Maka bisa dijamin istri tidak akan mengalami kehamilan yang tidak diharapkan.

Setelah menyimak beberapa metode KB alami diatas pastikan untuk mendiskusikan dengan pasangan, sebab memerlukan komitmen antara suami dan istri. Pilihlah yang paling sesuai dan cocok dengan keadaan.