Zaman yang serba digital mengharuskan sebagian besar dari kita untuk memenuhi kebutuhan dengan cepat dan praktis. Salah satunya dalam hal transaksi pinjam meminjam. Jika sebelumnya pinjaman bisa dilakukan dengan cara konvensional yakni dengan bantuan rentenir. Berbeda dengan yang kali ini, yang mana transaksi pinjaman online bunga rendah bisa secara mudah dilakukan secara online.

Hanya saja anda jangan mudah tergiur akan kenikmatan cara pinjaman online yang satu ini. Sebab masih ada beberapa orang yang memanfaatkan adanya pinjaman online justru untuk menyenangkan diri mereka sendiri, seperti digunakan sebagai penipuan. Untuk itu anda harus selalu berhai hati dalam melakukan transaksi pinjol, agar terhindar dari segala bentuk penipuan. Cara mengetahui bagaimana transaksi yang anda lakukan adalah penipuan atau bukan.

Anda harus mengetahui terlebih dahulu beberapa ciri transaksi pinjol yang palsu alias tidak resmi. Berikut ini beberapa cirinya akan dipaparkan.

1. Memaksa

Jangan sampai tergiur dengan beberapa situs yang mengatakan akan memberikan pinjaman online bunga rendah anda harus bisa memastikan jika situs tersebut aman dan resmi terlebih dahulu, sebelum mengiyakan untuk melakukan transaksi didalamnya. Jika suatu situs menggunakan cara agak memaksa terhadap para nasabah nya.

Kemungkinan besar situs tersebut merupakan situs pinjaman online yang berkedok penipuan. Umumnya jika pada situs resmi, mereka akan menjelaskan terlebih dahulu apa saja syarat yang dibutuhkan. Kemudian, semua keputusan akan diserahkan kepada nasabah untuk lanjut atau tidak.

2. Email Palsu

Penting bagi anda untuk mengetahui jika situs pinjol anda adalah resmi. Caranya dengan mengecek apakah perusahaan situs anda menggunakan email yang resmi atau tidak. Jika pada situs yang palsu mereka akan menggunakan email bukan miliki perusahaan melainkan email pribadi. Berbeda dengan situs pinjol online yang resmi. Dimana peminjam akan menghubungi anda terlebih dahulu dengan menggunakan email asli perusahaan.

3. Minta password anda

Berikutnya, situs pinjol palsu akan meminta password kartu kredit asli milik anda. Jika ada yang demikian melakukannya bisa dipastikan jika situs ini tidak resmi alias palsu. Pada dasarnya, kode, password merupakan hal yang pribadi dan tidak boleh setiap orang  mengetahuinya.