Tidak banyak yang mengetahui bahwa Adira Insurance kini memiliki produk asuransi motor Adira yaitu Motopro. Ya, kalau dulu perusahaan ini dikenal dengan asuransi mobil Adira Autocillin namun kini sudah mengembangkan layanannya kepada para pengendara kendaraan roda dua. Adapun manfaat dari asuransi ini adalah memberikan perlindungan terhadap adanya potensi kerugian dengan objek pertanggungan adalah kendaraan roda dua.

Adira sendiri mengakui bahwa adanya pertumbuhan untuk asuransi kendaraan bermotor hingga 4 persen di tahun 2018. Tentu saja, angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan tahun sebelumnya untuk periode yang sama. Adapun kondisi ini dapat terjadi dikarenakan sudah semakin tinggi kesadaran masyarakat untuk menggunakan asuransi. Terlebih, biaya asuransi motor yang dikenakan tak sebanding dengan manfaat lebih yang didapat.

Pertanyaannya adalah bagaimana menghitung biaya asuransi motor yang diterapkan oleh Adira? Satu hal yang pasti untuk diketahui terlebih dahulu adalah adanya perbedaan penentuan harga berdasarkan beberapa hal. Yang pertama adalah lokasi dimana si pemilik kendaraan menggunakan KTP sebagai identitas diri.

Misalnya, harga premi yang akan dikenakan oleh pengendara dengan KTP Jakarta akan berbeda dengan mereka yang tinggal di Sumatera. Dan berbeda juga dengan mereka yang tinggal wilayah ketiga yaitu selain Sumatera dan sekitarnya serta DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat. Adapun ketentuan ini berlaku berdasarkan kepada surat edaran dari OJK atau Otoritas Jasa Keuangan.

Kemudian, penentuan biaya asuransi motor juga dilihat dari jenis kendaraan yang akan diasuransikan. Sudah tentu, semakin mahal harga kendaraan maka biaya premi yang dibayar pun ikut mahal juga. Adapun penentuan harga ini juga menggunakan rumusan yang sama dimana lokasi menentukan faktor kali dari nilai kendaraan yang digunakan.

Oh ya, di Adira sendiri memberikan kemudahan dari segi pembayaran premi asuransi motor yaitu dibayarkan per tahun. Bahkan, bagi mereka yang mengambil asuransi motor juga diberi tawaran untuk memilih perluasan yaitu asuransi untuk pihak ketiga. Jadi, jika terjadi kecelakaan dengan pengendara lain maka akan ditanggung sesuai dengan batas yang ditentukan. Tertarik?