Bagi setiap pasangan muda yang baru saja memiliki pasangan atau menikah pasti ingin merencanakan proses kehamilan dengan baik. Pada saat ini ada beberapa macam pilihan alat kontrasepsi dan metode KB yang bisa digunakan dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Akan tetapi untuk beberapa jenis metode kontrasepsi seringkali menimbulkan efek samping yang kurang baik bagi kesehatan. Agar terhindar dari segala macam efek samping yang disebabkan oleh metode dan alat kontrasepsi kita bisa memilih KB alami sehingga mampu merencanakan kehamilan dengan baik.

KB alami pertama yang bisa dilakukan oleh setiap pasangan adalah ejakulasi diluar organ intim. Hal ini menjadi salah satu langkah sederhana dan cukup mudah untuk dilakukan karena tidak akan menyebabkan proses pembuahan di dalam sel telur karena ejakulasi dilakukan di luar organ intim untuk melakukan teknik ini diperlukan komunikasi dan kepekaan masing-masing pasangan sehingga bisa melakukan ejakulasi di luar organ intim. 

Teknik selanjutnya adalah dengan cara metode kalender. Menghitung masa kesuburan dengan cara kalender salah satu langkah efektif untuk merencanakan kehamilan. Langkah pertama adalah setiap pasangan harus mengetahui waktu menstruasi dan rentan waktu masa subur setelah dan sebelum siklus tersebut.

Selain dengan teknik ejakulasi di luar organ intim dan menghitung masa kesuburan menggunakan kalender KB alami selanjutnya yang bisa menjadi pilihan dari setiap pasangan adalah mengetahui masa ovulasi. Untuk mengetahui masa ovulasi pasangan kita bisa dilakukan dengan beberapa macam cara salah satunya adalah dengan mengukur suhu basal tubuh. Suhu basal tubuh akan menentukan masa kesuburan seorang wanita sehingga kita bisa mengetahui waktu yang tepat untuk melakukan hubungan. 

Salah satu alat pengukur yang akurat untuk mengukur suhu basal tubuh adalah fermometer. Bagi pasangan yang telah memiliki buah hati bisa menggunakan teknik menyusui sebagai salah satu cara KB alami. Seorang perempuan yang memberikan ASI eksklusif kepada bayinya akan memiliki masa subur yang lebih lama jika dibandingkan dengan wanita pada umumnya. Tanpa adanya masa subur tentunya proses kehamilan tidak akan terjadi.