Perhiasan berlian asli memang banyak digunakan untuk momen indah dan sakral. Terutama memberikannya pada saat hari lamaran, pertunangan dan juga pernikahan. Tradisi memberikan berlian kepada pasangan ini bahkan sudah berlangsung sangat lama. Tercatat, praktek ini sudah pernah didokumentasikan di abad ke-15.

Ada fakta-fakta menarik yang sayang untuk dilewatkan dari perhiasan berlian asli ini, yang berkembang di masyarakat.

Image result for Perhiasan berlian asli mondial
  1. Bangsa Romawi dan Yunani kuno mempercayai bahwa berlian merupakan tetesan air mata dari para dewa-dewi. Atau merupakan serpihan dari bintang jatuh yang tertanam di perut bumi.
  2. Pembentukan berlian yang memiliki unsur karbon ini, terbentuk di perut bumi pada kedalaman di bawah 100 mil dari daratan, dan terbawa keluar oleh letusan gunung berapi.
  3. Unsur pembuatan berlian 100 persen karbon yang berada di bawah tekanan panas sangat tinggi di bawah permukaan bumi. Kemudian unsur utama ini mengalami proses kimiawi dan terikat dengan cara yang unik, sehingga menghasilkan unsur kritasl yang indah dan keras
  4. Kata berlian sendiri berasal dari bahasa Yunani, yakni adamas. Artinya tak dapat dihancurkan
  5. Berlian merupakan substansi alami yang memiliki unsur yang sangat sulit dan keras. Sehingga, untuk menggores batu perhiasan ini, haruslah dilakukan dengan batu berlian lainnya.
  6. Kepercayaan orang Hindu menganggap bahwa berlian mampu melindungi mereka dari berbagai bahaya. Sehingga tidak jarang diletakan pada patung-patung kesalehan atau sesembahan mereka
  7. Pada abad pertengahan, batu berlian dianggap mampu memberikan kesembuhan bagi berbagai penyakit. Mulai dari penyakit ringan, hingga adanya gangguan mental.
  8. Berlian terbesar yang pernah ditemukan berasal dari Afrika Selatan, tepatnya pada tahun 1905. Berlian ini disebut dengan Cullinan, yang memiliki berat 1,33 pon dan 3106 karat. Kemudian berlian ini diberikan kepada Raja Edward, yang selanjutnya dipotong menjadi 9 bagian besar dan 100 bagia kecil.

Masih banyak fakta menarik yang bisa diulik dari perhiasan berlian asli ini. Bahkan, ada salah satu planet yang ternyata memiliki unsur karbon dan sepertiga dari berlian murni, yang diberi nama 55 Candri E. Semoga bermanfaat