Saat ini, untuk memperoleh permodalan usaha sangatlah mudah asalkan anda bisa memenuhi berbagai persyaratan yang ditentukan oleh lembaga penerbit kredit atau pinjaman usaha tersebut. Salah satu hal yang wajib dipenuhi dan terkadang hal ini menjadi kendala bagi sebagian orang saat akan mengajukan pinjaman adalah tentang agunan yang harus dijaminkan.

Banyak aset yang bisa anda agunkan, salah satunya adalah sertifikat rumah. Ya, saat ini cukup banyak lembaga perbankan atau finance yang menyediakan fasilitas pinjaman jaminan sertifikat rumah dengan beraneka ragam fitur yang menjanjikan dan menguntungkan anda.

pinjaman jaminan sertifikat rumah
pinjaman jaminan sertifikat rumah

(source:https://cdn.popmama.com/content-images/post/20190816/img-16082019-095747-800-x-420-piksel-35527688ae054b645efe20a9883305c1_600xauto.jpg)

Namun, sebelum anda mengajukan permohonan pinjaman jaminan sertifikat rumah di berbagai lembaga perbankan atau finance, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan yaitu sebagai berikut :

  1. Pilih lembaga perbankan atau finance yangb terpercaya. Ada banyak bank atau lembaga pembiayaan yang menerima gadai sertifikat rumah. Namun sebelum memilih, ada baiknya anda cari tahu bank dan lembaga mana aja yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar lebih aman.
  2. Rencanakan besar pinjaman. Pihak kreditur biasanya terlebih dahulu akan menilai aset rumah yang anda agunkan. Semisal, asetmu dinilai sekitar Rp500 juta. Belum tentu mereka bisa memberi pinjaman sebesar Rp500 juta. Pihak kreditur akan melepas pinjaman maksimal 70% hingga 80% dari nilai agunan.
  3. Kalkulasi pembayaran cicilan agar bisa tepat waktu. Kalkulasi pembayaran cicilan agar rumah anda tidak samapi disita pihak bank gara-gara tak sanggup bayar tagihan.
  4. Perhatikan lokasi rumah. Tak semua rumah bisa dijadikan agunan. Ada juga pihak bank yang menolak agunan sertifikat rumah karena beberapa kriteria. Penolakan ini bisa disebabkan karena lokasi rumah yang berada di kawasan banjir. Bahkan jika berlokasi dekat sutet, pemakaman, gang sempit, atau rumah bekas pembunuhan pun kemungkinan besar tidak akan diterima.

Jika anda memang membutuhkan pinjaman jaminan sertifikat rumah dengan proses mudah dan suku bunga rendah, maka sangat tepat jika anda menghubungi kantor BFI Finance. BFI adalah perusahaan pembiayaan terlama di Indonesia sekaligus menjadi perusahaan pembiayaan yang salah satu kegiatan operasionalnya menyediakan fasilitas kredit usaha dengan agunan rumah