Kesehatan merupakan aset yang bisa menunjang produktivitas harian menjadi lebih baik. Sejak usia muda Anda wajib memperhatikan kesehatan diri agar bisa menikmati kehidupan yang bebas dari risiko penyakit. Mengingat usia tua lebih rentan terkena penyakit kronis karena penurunan fungsi organ tubuh.

Oleh sebab itu, Anda wajib memiliki BPJS Kesehatan yang menawarkan jaminan kesehatan untuk rakyat Indonesia. Terbantu berkat asuransi kesehatan, sebaiknya Anda bayar BPJS Kesehatan secara tepat waktu, ya!

Membayar BPJS Kesehatan

Bayar bpjs kesehatan
Bayar bpjs kesehatan

Berikut rangkuman kenapa Anda wajib bayar BPJS Kesehatan tepat waktu:

1. Mendapatkan teguran tertulis 

Jika Anda telat membayar iuran BPJS sesuai dengan kelas fasilitas kesehatan, maka bisa mendapatkan teguran tertulis sebanyak untuk jangka 10 hari kerja. Sanksi administratif yang kurang mengenakkan, bukan?

2. Membayar denda 

Tak hanya mendapatkan teguran tertulis saja, Anda wajib membayar denda keterlambatan akibat tidak bayar iuran tepat waktu. Jika telat membayar iuran satu bulan sejak tanggal 10, maka kartu BPJS Kesehatan Anda tidak akan bisa digunakan atau dihentikan sementara. 

Sedangkan denda berlaku pada orang yang menunggak iuran bulanan, lalu mengaktifkan kartu BPJS kembali dan menjalani rawat inap senilai 2,5 persen setiap bulan yang tertunggak. Besaran denda paling besar maksimal 30 juta dengan jumlah waktu tunggakan paling banyak selama setahun. 

3. Tidak bisa mendapatkan pelayanan kesehatan 

Alasan Anda wajib bayar BPJS Kesehatan tepat waktu agar bisa mendapatkan pelayanan kesehatan saat dibutuhkan. Bukankah kartu kesehatan memang memiliki fungsi perawatan selama rawat inap atau rawat jalan? Tentu penunggakan iuran bulanan bisa membuat Anda tidak bisa mendapatkan pelayanan kesehatan semaksimal mungkin. 

Penghentian pelayanan kesehatan berlaku baik di layanan kesehatan tingkat dua dan satu. Jadi, Anda bakal merugi sendiri kalau enggan atau lupa membayar tagihan BPJS Kesehatan tiap bulan. 

4. Tidak bisa mendapatkan manfaat dari BPJS Kesehatan 

Sebagai lembaga pemerintah yang berfungsi untuk memberikan pelayanan kesehatan maksimal, BPJS Kesehatan menawarkan layanan yang berbeda dengan asuransi swasta. Lembaga menawarkan premi paling murah kepada peserta faskes untuk kelas I, II dan III sesuai kemampuan finansial bulanan Anda. 

Selain itu, BPJS Kesehatan memberikan kemudahan pengajuan yang tidak memerlukan medical check up kepada siapa saja. Program jaminan kesehatan dari pemerintah berlaku seumur hidup sehingga Anda bisa memiliki hari yang lebih tenang berkat asuransi. Setidaknya ada jaminan kesehatan yang bisa Anda gunakan saat keadaan darurat sejak usia muda hingga dewasa. 

Ada baiknya Anda rutin membayarkan iuran BPJS Kesehatan tiap bulan agar bisa mendapatkan manfaat yang ditawarkan. Sebenarnya BPJS tidak menerapkan sistem denda akibat tunggakan sebelum masa 45 hari tersebut. Hanya saja keanggotaan Anda non aktif sehingga tidak bisa digunakan saat darurat. Coba bayangkan Anda tidak bisa menggunakan kartu BPJS untuk membayar biaya perawatan di rumah sakit akibat kecelakaan atau masalah kesehatan lain!

Melihat rangkuman mengenai pentingnya bayar BPJS Kesehatan tepat waktu, tidak ada alasan untuk menunda bayar iuran Anda per bulan, ya! Lakukan hal yang menjadi tanggung jawab Anda sekarang juga agar bisa mendapatkan hak pelayanan kesehatan dari program pemerintah Indonesia ini. 

Tak perlu pergi ke counter BPJS, Anda bisa melakukan pembayaran iuran lewat internet banking, teller dan ATM Bank Sinarmas. Sila daftar mbanking saja dari gawai pintar Anda sehingga pembayaran iuran BPJS lebih praktis, mudah dan hemat tenaga atau biaya, ya! Selamat tinggal sistem pembayaran konvensional yang mewajibkan Anda untuk mengantri!