Anda pernah mendengar jurusan cyber city? Apa yang pertama terpikirkan? Ya, jurusan yang satu ini memang sangat asing di telinga, namun ternyata ada beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Cyber Security Indonesia merupakan jurusan yang tidak lepas dari teknologi. Tujuannya adalah untuk memberikan pengetahuan pada mahasiswa bagaimana cara melindungi industri dan pemerintah di dunia maya (cyber attack). 

Saat mengambil jurusan tersebut di IDS Digital College, Anda akan mendapatkan pengetahuan dan keahlian dalam perancangan, pengujian, dan implementasi pertahanan suatu program yang ada di dunia maya. Secara garis besar, mata kuliah di jurusan ini berhubungan dengan teknologi informasi. Adapun mata kuliah yang akan Anda pelajari seperti data structure, cyber security foundation, software engineering, cyber law, network programming, dan lain-lain. 

cyber security indonesia
cyber security indonesia

Dengan mengambil jurusan ini, ada berbagai profesi atau pekerjaan yang bisa Anda lakoni. Apa saja? Simak rangkumannya di bawah ini.

Computer Programmer

Setelah lulus dari IDS Digital College, Anda bisa mengambil profesi sebagai computer programmer. Profesi ini bertugas untuk mengembangkan, merancang, memodifikasi, dan menguji coba code, form, dan script yang ada pada sebuah aplikasi komputer. Untuk itu, Anda harus menguasai beberapa bahasa pemrograman tertentu untuk bisa menjalankan keseluruhan sistem.

Selain itu, seorang computer programmer juga harus bisa mengoreksi kesalahan dan langsung membuat perubahan yang tepat sekaligus memeriksa kembali program tersebut apakah berjalan dengan baik atau tidak.

 Information Security Analyst

Saat kuliah di jurusan Cyber Security Indonesia, Anda juga bisa menjadi Information Security Analyst. Tugasnya adalah mengembangkan sistem keamanan yang menjaga sistem dan jaringan suatu lembaga, instansi, maupun perusahaan. Semakin canggih teknologi, semakin banyak juga cyber crime yang bermunculan. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan cyber security.

Big Data Architect 

Seorang big data architect merupakan praktisi dalam disiplin ilmu teknologi informasi yang terjun langsung dalam perancangan, pembuatan, penyebaran, dan pengelolaan arsitektur data instansi. Profesi yang satu ini tahu bagaimana data akan disimpan, dikonsumsi, dipadukan, dan dikelola oleh entitas data yang berbeda pada suatu sistem teknologi informasi dan aplikasi lainnya.

Untuk menjadi seorang data architect, ada beberapa kemampuan yang harus dikuasai. Diantaranya pemecahan masalah, kemahiran teknis tingkat lanjut (SQL dan XML), dan visualisasi kreatif dan orientasi detail. Skill seperti ini banyak dibutuhkan oleh beberapa perusahaan.

Cyber Security Consultant

Profesi yang satu ini bertugas untuk memberikan solusi karena adanya ancaman keamanan cyber. Hampir semua perusahaan menyimpan data-data penting mereka di internet, sehingga keamanan harus tetap terjaga. Dengan adanya profesi cyber security consultant, perusakan atau pembobolan data bisa diminimalisir. Selain itu, profesi ini juga mampu memperbaiki sistem atau jaringan jika sewaktu-waktu terjadi peretasan atau kerusakan.

Computer Forensics Analyst

Terakhir, Anda bisa menjadi seorang computer forensics analyst jika mengambil jurusan cyber security. Pada umumnya, profesi yang satu mempelajari tentang ilmu pengetahuan komputer sekaligus keterampilan forensik agar nantinya bisa memulihkan informasi dari perangkat penyimpanan dan komputer. 

Profesi yang satu ini juga bertanggung jawab membantu penegak hukum untuk mencari bukti kejahatan yang terjadi di dunia maya. Singkatnya, profesi ini juga akan menyelidiki pelanggaran data, aktivitas criminal di dunia digital, dan insiden keamanan.

Itulah lima prospek kerja jurusan cyber security indonesia. Di IDS Digital College, Anda bisa mengambil jurusan ini, sehingga Anda berpeluang untuk mengambil lima profesi di atas. Gimana, Anda tertarik?