Cincin berlian adalah perhiasan universal, artinya bisa digunakan untuk berbagai tujuan. Mungkin Anda lebih banyak melihat wanita mengenakan cincin berlian pada jari manis. Namun pada kenyataannya cincin berlian wanita juga sering dikenakan pada jari lainnya misalnya kelingking, ibu jari, dan lain sebagainya. Tidak ada aturan yang mengharuskan Anda untuk mengenakan cincin di jari yang mana. Anda bebas berekspresi sesuka hati dengan cincin yang dimiliki. 

Meskipun begitu, penggunaan cincin di setiap jari ternyata memiliki makna masing-masing. Apalagi jika Anda menggunakan cincin berlian yang terbuat dari emas. Berikut ini adalah penjelasannya:

Cincin di Jari Manis

Cincin berlian paling sering dikenakan oleh wanita di jari manis. Penggunaan cincin pada jari manis ternyata identik dengan hal-hal romantis. Bahkan banyak negara yang sepakat jika menggunakan cincin di jari manis melambangkan keromantisan. Contohnya di Inggris, jika ada wanita yang menggunakan cincin di jari manis maka itu artinya wanita tersebut sudah memiliki tunangan. Sedangkan di negara Barat lain termasuk Amerika, cincin di jari manis berarti ikatan pernikahan. 

Cincin di Jempol

Berbeda dengan cincin di jari manis, Anda mungkin akan lebih jarang menemukan wanita yang memakai cincin di jempol atau ibu jari. Pasalnya ukuran cincin yang ada di jempol harus besar sehingga membutuhkan bahan baku yang lebih banyak. Oleh sebab itu, harga cincin yang dikenakan di jari jempol pada umumnya lebih tinggi. 

Menggunakan cincin berlian asli dari emas di jempol ternyata menandakan orang kelas atas. Sedangkan di Yunani, jempol atau ibu jari adalah simbol penonjolan diri dan juga tekad yang kuat. Orang yang kaya biasanya memiliki latar belakang pekerja keras dan juga tekad yang kuat.

Cincin di Telunjuk

Berdasarkan mitologi Yunani, jari telunjuk menyimbolkan kepemimpinan, ambisi, dan juga kepercayaan diri. Karena hal tersebut, mereka yang memakai cincin di jari telunjuk digambarkan sebagai kaum kerajaan dan bangsawan. Pada umumnya, cincin yang dipasang di jari telunjuk berdesain unik dan bold. Fungsinya yaitu menjadi statement look dan menunjukkan pengaruh sosial.

Cincin di Kelingking

Menggunakan cincin berlian asli dari emas di jari kelingking ternyata pernah populer pada abad 19 hingga awal abad 20-an. Bukan hanya wanita saja, pria juga menggunakan cincin di kelingking. Pada awal kepopulerannya, cincin di jari kelingking memiliki makna yang berbeda dari sekarang. Dulu cincin di kelingking bisa bermakna romantis seperti status pernikahan. Namun sekarang malah diasosiasikan sebagai mafia. Berdasarkan mitologi Yunani, kelingking menjadi simbol persuasi, intelegensia, dan intuisi yang lekat dengan kehidupan mafia.

Cincin di Jari Tengah

Jari tengah merupakan lambang tanggung jawab dan keseimbangan menurut mitologi Yunani. Wanita yang mengenakan cincin di jari tengah terutama bagian kiri diasosiasikan sebagai wanita yang bijak. Akan tetapi tentu saja hal tersebut bukan penilaian yang objektif. Yang pasti, cincin di jari tengah membuat penampilan seorang wanita lebih cantik dan elegan. Wanita juga senang mengenakan cincin di jari tengah, selain jari manis.

Itulah pembahasan mengenai makna penggunaan cincin berlian wanita di setiap jari. Ingin menambah koleksi cincin berlian dari emas? Tenang saja, Mondial Jeweler memiliki banyak sekali koleksi. Biasanya jenis emas yang digunakan oleh Mondial Jeweler adalah white gold dan rose gold yang sedang populer saat ini. Modelnya sangat beragam sehingga mudah sekali untuk memilih sesuai dengan selera Anda. Untuk melihat koleksi dari Mondial Jeweler, kunjungi saja website www.mondialjeweler.com.