Pertumbuhan anak yang optimal ditandai dengan berat dan tinggi badan ideal sesuai anak seusianya. Namun dalam beberapa kasus, anak bisa mengalami gangguan pertumbuhan atau yang juga dikenal dengan istilah stunting

Anak yang mengalami gangguan pertumbuhan ini biasanya memiliki tinggi di bawah rata-rata anak seusianya. Ada banyak faktor yang meningkatkan risikonya seperti umur ibu terlalu muda, masa kehamilan yang kurang dijaga, jarak melahirkan terlalu dekat, tidak mendapatkan gizi yang cukup, dan lain sebagainya.

Untuk menghindari dampak jangka panjang, Anda harus segera memperbaiki pertumbuhan anak yang mengalami gangguan pertumbuhan. Bagaimana caranya? Berikut pembahasannya untuk Anda:

Dilakukan Sebelum Melewati 1000 Hari Kehidupan Anak

Memperbaiki pertumbuhan anak yang mengalami gangguan pertumbuhan harus segera dilakukan saat anak masih berusia batita atau di bawah 3 tahun. Pasalnya pada usia tersebut daya serap tubuh terhadap mineral dan vitamin masih sangat optimal. Dengan begitu, pertumbuhan anak bisa segera dioptimalkan. Selain di bawah 3 tahun, memperbaiki gangguan pertumbuhan bisa lagi dilakukan saat memasuki usia pubertas dengan aktivitas olahraga serta makanan bergizi.

Berikan Makanan yang Bergizi dan Bernutrisi

Anak yang mengalami gangguan pertumbuhan salah satunya disebabkan oleh kebutuhan gizi yang tidak terpenuhi. Oleh sebab itu, Anda wajib memberikan makanan yang bergizi dan bernutrisi kepada si Kecil. Pastikan si Kecil mendapatkan gizi yang lengkap dan seimbang sesuai dengan usianya. Nutrisi yang dibutuhkan anak yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin, serta mineral.

Ajak Si Kecil Berolahraga atau Melakukan Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik dan olahraga menjadi salah satu cara untuk mengatasi stunting atau gangguan pertumbuhan. Menurut penelitian, anak yang banyak melakukan aktivitas fisik dan olahraga memiliki tubuh yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak melakukannya. Selain itu, aktivitas fisik dan olahraga bisa meningkatkan kualitas tidur serta istirahat anak.

Stunting
Stunting

Tidur Berkualitas dan Istirahat Cukup

Tidur merupakan aktivitas yang sangat penting, terutama pada masa tumbuh kembang anak. Agar bisa memperbaiki pertumbuhan anak, Anda perlu meningkatkan kualitas tidur dan istirahat mereka. Pasalnya saat tidur, hormon pertumbuhan yang ada di dalam tubuh akan bekerja secara maksimal. Jika bisa dipenuhi bersamaan dengan olahraga dan gizi lengkap, maka si Kecil bisa mengejar pertumbuhannya yang tertinggal.

Pastikan Lingkungan Sehat dan Bersih

Lingkungan yang sehat dan bersih dibutuhkan agar si Kecil bisa mengejar pertumbuhannya. Ada beberapa penelitian mengenai gangguan pertumbuhan ini. Salah satunya menyebutkan bahwa catch up growth atau mengejar pertumbuhan bisa berhasil apabila didukung dengan lingkungan yang baik.

Namun juga bisa menjadi gagal apabila proses tersebut dilakukan di lingkungan yang sama saat mengalami gangguan pertumbuhan. Lingkungan yang bersih berhubungan dengan sanitasi yang baik. 

Konsultasi dengan Ahli

Hal terakhir yang perlu Anda lakukan untuk membantu si Kecil mengejar pertumbuhan adalah berkonsultasi dengan ahli. Tanyakan apa saja yang perlu dilakukan agar si Kecil memiliki pertumbuhan ideal sesuai usianya. Para ahli akan memberikan saran yang bisa membantu Anda dan si Kecil mendapatkan pertumbuhan yang diharapkan.

Itulah cara memperbaiki pertumbuhan pada anak yang mengalami gangguan pertumbuhan atau stunting. Apakah Anda adalah ahli di bidang pediatri dan nutrisi anak? Jika iya, maka Anda bisa bergabung dengan Nutricia Professional. Platform ini dikembangkan untuk para profesional di bidang pediatri dan nutrisi anak.

Banyak hal yang bisa Anda pelajari untuk mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru. Melalui website resminya, Nutricia Professional menawarkan beberapa fitur seperti Event Calendar, Expert’s Podcast, Web Seminar, dan E-Module. Langsung saja kunjungi website nutriciaprofessional.id untuk bergabung bersama Nutricia Professional.