Perbedaan Uang Digital dan Dompet Digital

Para milenial tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah uang digital (e-money) dan dompet digital (e-wallet). Keduanya adalah layanan elektronik yang memungkinkan Anda untuk melakukan pembayaran secara cashless. Meskipun begitu, ternyata masih banyak orang yang tidak bisa membedakan antara e-money dan e-wallet. Berikut ini perbedaan antara e-money dan e-wallet agar Anda bisa membedakannya:

Server Based Vs Chip Based

Perbedaan paling terlihat dari keduanya adalah jenis atau basis yang digunakan. E-money menggunakan chip yang biasanya tertanam pada kartu atau yang lebih dikenal dengan istilah chip based. Sementara e-wallet adalah uang elektronik yang berbasis server. Jadi penggunaannya harus melalui server penerbit. Biasanya e-wallet bisa diinstal di smartphone.

Pengisian Saldo

Pengisian saldo dari uang digital dan dompet digital sebenarnya sama saja. Anda bisa melakukan pengisian ulang melalui mesin ATM, mesin EDC, mobile banking, internet banking, atau merchant-merchant yang bekerja sama. Namun biaya pengisian saldo bisa berbeda sesuai kebijakan penerbit.

Jangkauan Penggunaan

E-money dan e-wallet memiliki jangkauan penggunaan masing-masing. Namun jangkauan penggunaan ini sedikit berbeda. Penggunaan e-money biasanya untuk aktivitas sehari-hari misalnya seperti pembayaran tiket jalan tol, pembelian tiket tempat hiburan, pembayaran di merchant khusus, dan lain sebagainya. Sementara e-wallet bisa digunakan untuk belanja online, pembayaran tagihan listrik, BPJS, air, dan lain-lain.

Maksimal Saldo

Perbedaan mencolok lainnya dari e-money dan e-wallet adalah maksimal saldo. Saldo merupakan uang yang tersimpan di dalam e-money atau e-wallet yang bisa digunakan. Biasanya maksimal saldo untuk e-money sangat terbatas yaitu sekitar Rp 1 juta. Sementara e-wallet memiliki maksimal saldo yang lebih tinggi yaitu sekitar Rp 10 juta lebih.

Itulah perbedaan antara uang digital (e-money) dan dompet digital (e-wallet) yang perlu Anda ketahui. Bank Danamon sebagai bank yang maju juga menghadirkan dua fasilitas tersebut untuk nasabahnya. Produk e-money dari Bank Danamon adalah Danamon Flazz, sedangkan produk e-wallet adalah D-Save. Ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan apabila menggunakan e-money Danamon Flazz seperti diskon di merchant favorit, kemudahan pembayaran tol, dan lain sebagainya. Informasi mengenai Danamon Flazz bisa dilihat di website www.danamon.co.id.