Memperhatikan perkembangan anak adalah hal penting yang harus dilakukan oleh setiap orangtua. Salah satunya yaitu perkembangan bahasa anak usia dini. Tujuannya agar para orangtua tahu sudah sejauh mana perkembangan mereka.

Umumnya perkembangan bahasa anak dibagi kedalam dua tahapan yaitu pralinguistik dan linguistik. Berikut kami sudah merangkum penjelasan kedua tahapan tersebut untuk Anda.

1.  Pralinguistik

Tahapan yang pertama ini adalah perkembangan yang berlangsung pada fase bayi. Pada tahap pralinguistik, si kecil akan berusaha berkomunikasi dengan orangtuanya dan juga orang-orang yang ada di sekitarnya.

Komunikasi di tahap ini biasanya ditunjukan dengan cara menangis, tertarawa, hingga menjerit. Kemampuannya ini akan terus mengalami peningkatan dengan bentuk komunikasi yang lebih verbal.

Perkembangan linguistik anak di tahap ini juga akan berkembang dengan mengoceh meskipun kata-katanya masih belum jelas.

perkembangan bahasa anak usia dini
perkembangan bahasa anak usia dini

2.  Linguistik

Tahapan ini merupakan salah satu fase anak-anak yang mulai bisa berbicara. Umumnya pada tahap ini, si kecil sudah bisa mengucapkan kata-kata dengan baik layaknya orang dewasa.

Pada tahap linguistik ini, si kecil juga sudah bisa merangkai banyak kata-kata di dalam satu kalimat.

Periode Tahapan Perkembangan Bahasa Anak

Usia 6 tahun adalah periode yang tergolong kritis dalam perkembangan kemampuan berbahasa anak. Berikut penjelasan periode-periodenya:

  • 0-12 tahun: anak-anak sudah bisa merespon suara dan ketertarikan sosial.
  • 1-2 tahun: anak-anak sudah bisa memahami dan memproduksi kata-kata tunggal.
  • 2-3 tahun: si kecil sudah paham percakapan yang familiar contohnya yang dilakukan oleh keluarganya. Mereka juga bisa melakukan percakapan tanya jawab.
  • 3-4 tahun: anak-anak sudah memiliki keterampilan dalam bersosialisasi dan memiliki kemampuan berbicara yang baik.
  • 4-5 tahun: si kecil sudah memiliki kemampuan berbicara layaknya orang dewasa. Mereka juga sudah mengetahui perbedaan-perbedaan kata antara minum dan makan, serta berbagai perbedaan lainnya.
  • 5-6 tahun: anak-anak sudah bisa memahami bahasa yang lebih luas dan bahasa yang mengandung makna lebih luas.

Itulah perkembangan bahasa anak usia dini yang wajib diperhatikan oleh orangtuanya. Untuk mengoptimalkan proses pembelajaran si kecil, khususnya saat belajar memahami bahasa, maka penuhilah kebutuhan nutrisinya dengan mengonsumsi susu dari Wyeth Nutrition yang memiliki kandungan nutrisi lengkap untuk tumbuh kembang anak.