Perusahaan perbankan di Indonesia cukup banyak mulai bank milik negara hingga bank swasta. Karena banyaknya bank itulah, kemungkinan untuk transfer ke bank lain semakin besar ketika transaksi online. Padahal biaya transfer antar bank umumnya cukup tinggi yaitu Rp6.500,00 sekali transaksi. Jika Anda melakukan transaksi ke banyak bank, maka biayanya juga akan lebih besar. Sebagai contoh sehari Anda transaksi ke 10 orang dengan bank berbeda, maka biaya transaksi mencapai Rp65.000,00. Cukup tinggi bukan?

Namun Anda tidak perlu terlalu khawatir lagi karena Bank Sinarmas menawarkan layanan transfer antar bank secara gratis menggunakan BI Fast. BI Fast merupakan layanan sistem pembayaran ritel nasional yang ditawarkan oleh Bank Indonesia. Pada umumnya biaya transaksi menggunakan BI Fast dikenakan Rp2.500,00 per transaksi. Akan tetapi hingga 31 Desember 2022, Anda bisa menggunakannya secara gratis melalui aplikasi mobile banking SimobiPlus.

Keuntungan Menggunakan Metode BI Fast

Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan apabila menggunakan metode BI Fast untuk transfer antar bank:

  • Bebas biaya

Keuntungan pertama yang bisa Anda dapatkan apabila menggunakan metode BI Fast untuk transfer antar bank adalah bebas biaya. Ini khusus apabila Anda melakukan transfer melalui layanan bank. Anda bisa mendapatkan bebas biaya transfer secara unlimited atau tanpa batasan.

biaya transfer antar bank
biaya transfer antar bank
  • Beroperasi 24 jam

Beberapa layanan transfer gratis hanya beroperasi di jam kerja saja. Sedangkan BI Fast beroperasi selama 24 jam penuh. Karena beroperasi secara non stop, Anda bisa lebih mudah melakukan transaksi kapan saja dan dari mana saja. Pasalnya layanan akan tersedia setiap saat.

  • Fleksibel

Transfer menggunakan metode BI Fast bersifat fleksibel dari segi nominal yang akan ditransfer. Jadi Anda bisa mulai dengan nominal yang sangat kecil hingga nominal besar. Pada sekali transfer, Anda bisa mulai dari nominal Rp1.000,00 saja. Sedangkan nominal maksimal per transaksi adalah Rp250 juta.

  • Mudah

Sebagian dari Anda mungkin khawatir apakah layanan BI Fast mudah dilakukan atau sulit dilakukan. Apalagi untuk orang yang belum pernah menggunakannya sebelumnya. Tenang saja, layanan ini sangat mudah dilakukan, bahkan oleh pemula sekalipun. Transaksinya sama seperti transaksi transfer ke bank lain biasanya.

  • Cepat

Proses pengiriman uang menggunakan BI Fast berlangsung secara real time. Dengan begitu penerima akan langsung menerima uangnya. Mungkin memang ada jeda beberapa detik, namun itu tidak lama dan tidak akan mengganggu kecepatan transfer dan transaksi. 

  • Aman

Keunggulan transfer menggunakan BI Fast yang terakhir adalah aman. Layanan ini dikembangkan oleh Bank Indonesia sehingga aman. Selain itu, ada sistem untuk mendeteksi dan mencegah terjadinya penipuan transaksi.

Cara Transfer Gratis Menggunakan BI Fast di SimobiPlus

Inilah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk melakukan transfer antar bank secara gratis:

  • Masuk ke aplikasi SimobiPlus yang ada di smartphone.
  • Pilih menu “Transfer”.
  • Pilih “Transfer Domestik”.
  • Pilih jenis tujuan transfer, ada tiga yaitu rekening, no HP, dan e-mail. Pilih “Rekening”.
  • Masukkan nominal transfer dan juga rekening sumber dana.
  • Pilih metode “Transfer BI Fast”.
  • Masukkan kode SMS Token.
  • Selesai.

Itulah pembahasan mengenai biaya transfer antar bank yang gratis melalui Bank Sinarmas. Manfaatkan sebaik mungkin layanan tersebut untuk keuntungan bisnis online Anda. Jika belum memiliki rekening, Anda bisa membuka rekening online atau offline yang bisa dilakukan di kantor bank. Hubungi call center di nomor 1500153 atau website www.banksinarmas.com untuk informasi pembukaan rekening.